Minggu, 29 Juni 2014

Kenapa kaus & kaki kita bau? Apa penyebabnya?

Kaos Kaki Bau

Kaki adalah salah satu area tubuh yang terkadang jarang diperhatikan oleh kita. Baik kebersihannya, kesehatannya, dan keindahannya. Maka tidak jarang, banyak masalah yang timbul akibat kurangnya perhatian terhadap kaki. Ada beberapa masalah dengan kaki yang umum dialami oleh kita, misalnya, telapak kaki pecah-pecah, kuku kaki yang kotor bahkan aroma kaki yang tidak sedap.

Aroma kaki yang tidak sedap atau yang sering kita sebut dengan bau kaki (bromhidorsis) merupakan kondisi yang sangat mengganggu penampilan dan orang-orang disekitar kita yang menciumnya. Sebelumnya kita hanya mengira bau kaki disebabkan oleh keringat atau sepatu dan kaos kaki yang kotor. Tapi terkadang sering mengganti kaos kaki juga masih saja timbul bau pada kaki. Mengapa bisa terjadi? apa ada faktor lain yang menyebabkan timbulnya bau kaki?



Berdasarkan informasi yang saya dapat, keringat tidak menimbulkan bau, karena keringat hanya tersusun dari mineral (Na, Cl, dan k), tetapi keringat dapat berubah menjadi bau akibat adanya bakteri yang bercampur dengan keringat pada kulit kaki. Bakteri pada kulit kaki kita dapat menguraikan lemak dan protein dalam keringat kita menghasilkan senyawa asam. Nah, senyawa asam inilah yang menyebabkan bau tidak sedap pada kaki kita. Sebenarnya bau itu dapat menguap dan hilang dengan cepat saat bakteri mengurauikan lemak dan protein pada kulit kita seperti pada tangan. Tetapi karena terhalang oleh kaos kaki kita maka tidak dapat menguap dengan cepat ke udara. Inilah yang menyebabkan bau kaki. Oleh sebab itu, untuk menghindari bau kaki, sebaiknya selalu mengganti kaos kaki bersih setiap hari.


Menurut beberapa sumber, bakteri yang menyebabkan bau pada kaki kita adalah bakteri actynomycetes. Dalam sebuah kuliah, saya mendapatkan informasi bahwa bakteri actinomycetes merupakan bakteri gram positif yang dapat membentuk spora biasanya memutuskan ujung filamen dalam bentuk bulat ataupun batang. Bakteri ini biasanya habitatnya di tanah tetapi ada juga yang hidup di tumbuhan dan hewan ataupun manusia sebagai patogen. Hidup pada ph diatas 6 dan sebagai bakteri anaerob fakultatif yang dapat hidup dalam kondisi ada oksigen maupun tidak ada oksigen. Bakteri pada kaki kita ini termasuk bakteri mesofil karena tumbuh pada suhu optimum saat tubuh kita beraktivitas sekitar 37-38°C.

Jadi, ada faktor lain penyebab bau kaki yang sebagian dari kita tidak dapat melansirnya karena memang disebabkan oleh mikroba yang tentu saja dari namanya ‘mikro’ yang berarti berukuran sangat kecil, tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang bagaimana mereka bisa hidup dan berkembangbiak pada kaki kita. Untuk menghindari bau kaki, kita harus mencari cara supaya si baketi actinomycetes ini tidak bisa hidup berlama-lama pada kaki kita dengan cara lebih memperhatikan kesehatan kaki, kebersihan alas kaki seperti sepatu dan kaos kaki.

Tips Memilih Kaos Kaki menurut Ane :
1. Pilih kaos kaki dari bahan pure cotton, kenapa ? 
Karena mampu menyerap keringat dengan baik contohnya kaos kaki sport emang ga mecing klo buat ngantor, tapi sekarang udah banyak ko kaos kaki sport yg berwarna gelap, selain lebih empuk juga ga gampang bau, ane di recomended dari om ane yg prajurit TNI karena sering tugas pake sepatu yg super rapet, klo masih ga suka ama jenis kaos kaki pure cotton bisa juga beli yang spandex tapi yg anti bacteria ada di outlet2 gan harganya relatif lebih mahal sih. 

2. Pakai bedak, ya betul kaki ente bedakin sebelum pake kaos kaki, yg ini ane di ajarin bokap ane, aga aneh emg tp hasilnya lumayan.

3. Jangan pernah naro kaos kaki di dalem spatu itu malah makin memperburuk kelembaban sepatu yg ujung2nya bikin makin bau, klo ane sih di geletakin aja di atas spatu.

Itu gan tips ane yang udah ane praktekin bertaun2 dan sampe sekarang ga pernah bau :D

16 komentar:

  1. kalo yang gak make kaos kaki di sepatu gimana tuh ? dan gambar mending contoh kaos kaki yang disaranin. dari pada ngeliat lelucon gitu mau muntah ngebayanginya :D huekksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sedikit , tapi kl tetep bau saran kakinya rendem air garam biar bakteri ilang deh , hehehe

      Hapus
  2. hahaha..lucu.. gmbar nya..
    iya gitu pakai bedak bisa gk bau kakinya?

    BalasHapus
  3. terimakasih informasi nya.. sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  4. oh gitu ya ,,jadi karna ada semacam mikroba yang diam di kaos kaki kita,,saya abru tahu terimaksih gan..

    BalasHapus
  5. pake kopi bubuk juga bisa ngilangin bau kaki.....!!

    BalasHapus
  6. owh, jdi penyebabnya karna adanya mikroba yg diam d kaos kaki..

    BalasHapus
  7. Artikel yang sangat menarik, terima kasih admin :))
    Kunjungi balik juga ya
    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://Agensbocasino.com | http://goo.gl/OraDLz | http://www.prediksibolajitu.online | http://goo.gl/RkuB4G | http://Bandarbola138.com | http://goo.gl/8rM20b | | http://M138.net | http://goo.gl/5dAkJO | http://clayton88.blogspot.co.id | http://filmdewasa89.blogspot.co.id

    BalasHapus
  8. info yang bagus sekarang saya tahu penyebab baunya kaos kaki

    BalasHapus
  9. makasih artikelnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Nice gan
    di tunggu artikel yang lain nya gan

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.Terimakasih telah berkunjung di di Blog BILLYSHARE 99

Peraturan dalam berkomentar :
1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel.
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM.
3. Dilarang Membuat onar dan menggunakan kata kasar
4. Kami Harap Jangan Menaruh Link Hidup Maupun Mati Di Kotak Komentar, Terimakasih
5. Jika ingin menggunakan link harap gunakan open ID
6. Dilarang Promosi Iklan dan sebagainya..Harap dimaklumi !!