Kamis, 15 Mei 2014

20 Hewan Purba Terganas Sepanjang Masa

Saat ini ane mau ngomongin soal Predator nih, pada tau kan predator itu apa ? tapi ini lain gan, kita akan mencoba flashback ke masa purba dimana predator sangat banyak tapi juga sangat ganas & menyeramkan (saat hukum alam bener-bener di pake).

Kenapa ane sebut Predator² ini sebagai hewan terganas sepanjang masa ? Karena Predator² zaman sekarang ane nilai ga lebih ganas dan lebih "Gila" dari Predator² Purba ini.

Naahhh... Sekarang ane bakal kasih tau 20 hewan terganas yang tercatat sejarah sampai saat ini :

1. Liopleurodon


Liopleurodon disebut-sebut merupakan predator terbesar sepanjang masa. Mahluk ini memiliki gigi sepanjang 30cm, dan tengkorak sepanjang 5 meter. Panjang maksimal tubuh monster ini adalah 25 meter. Makanan monster ini tentu saja tubuh paus dan berbagai mahluk berdaging banyak lainnya. Hidup 140 juta tahun lalu.

2. Dunkleosteus


Dunkleosteus adalah ikan terbesar pada jaman prasejarah yang hidup sekitar 380 juta tahun yang lalu. Panjang seekor Dunkleosteus bisa mencapai kira kira 10 meter, dan berat 3,5 ton. Dunkleosteus dipersenjatai dengan rahang yang kuat, yang bisa menggigit benda bahan logam sekalipun . Dunkleosteus memakan semua yang ada di laut, termasuk spesiesnya sendiri.

3. Pliosaurs



Pliosaurs yang berarti ‘more lizard’ adalah sebuah genus dari reptil laut yang telah punah. Termasuk dalam keluarga Pliosauridae. Merupakan predator yang sangat besar dengan makanan utamanya adalah ikan, cumi-cumi dan reptil laut lainnya.

Pliosaurs menghantui lautan di dunia, menyerang dengan kekuatan dan kecepatan intens. Leher pendek dan rahang besar, mereka layaknya killer machine. Kerangka Pliosaurs terbesar dengan panjang yang luar biasa, yaitu 52 meter, dengan total panjang kepala hampir 8 kaki.

4. Sarcoshucus
 
Sarcoshucus merupakan keluarga terdekat buaya yang hidup 112 juta tahun yang lalu. Merupakan salah salah satu jenis buaya terbesar yang pernah ada. Memiliki panjang tubuh sekitar 12 meter dengan berat kira-kira 8-10 ton. Berdasarkan bukti fosil menunjukkan bahwa hewan ini hidup di daerah afrika yang pada zaman itu masih berupa dataran tropis.

5. Deinosuchus
 
Deinosuchus merupakan nenek moyang dari keluarga buaya sama halnya seperti sarcosuchus. Tapi jika pada sarcosuchus mulutnya panjang, tidak pada deinosuchus. Deinosuchus disinyalir memiliki gigi sepanjang 10 cm, dan mulutnya memiliki kekuatan gigitan 10.000 pon atau 2 kali kekuatan gigitan singa.
Makhluk ini memiliki panjang 45 kaki dan berat sekitar 12 ton. Walaupun ukuran tubuhnya besar, makhluk ini juga memiliki loncatan yang tinggi. Deinosuchus bisa memakan seekor Pterodactyl ukuran dewasa.

6. Orthocone

 
460 tahun yang lalu, Orthocone adalah hewan terbesar yang ada di bumi dan merupakan predator yang terganas yang ada. Hewan ini hidup dengan cangkang konus yang sangat panjang (kira-kira panjangnya 11 m). Tanpa sirip ataupun ekor.
Orthocone bergerak dengan cara mendorong air ke arah berlawanan dengan arah yang ingin dituju. Pergerakan vertikal dilakukan dengan mengontrol jumlah air laut yang ada di dalam cangkang.Makanan dari hewan ini adalah beberapa anthropoda, seperti sea scorpion.


7. Helicoprion


Helicoprion merupakan jenis dari hiu yang hidup sekitar 300 tahun yang lalu. Berbeda dengan hiu modern, hiu ini memiliki gigi berbentuk lingkaran yang mengingatkan pada gergaji bulat. Tidak ada lokasi yang pasti dari “gigi-bulat” itu, mengingat bahwa “gigi-bulat” tersebut merupakan satu-satunya fosil yang dikenali. Berdasarkan rekonstruksi dari para ahli, sampai saat ini disimpulkan bahwa “gigi-bulat” tersebut terletak di bagian depan rahang bawah, yang berfungsi untuk menggali.

8. Megalodon


Megalodon adalah sejenis hiu yang hidup di masa purba. Hiu ini merupakan nenek moyang hiu dan tentunya memiliki ukuran yang luar biasa besar. Megalodon kecil berukuran sekitar 6 meter panjangnya. Sedangkan Megalodon dewasa berukuran sekitar 18 meter atau sebesar kapal. Makanan hiu ini biasanya seekor paus. Cara mereka makan pun sama dengan hiu modern.

9. Titanoboa

Titanoboa atau biasa disebut Titan Boa adalah genus ular yang hidup sekitar 60 hingga 58 juta tahun yang lalu pada periode Paleosen. Satu-satunya spesies dalam genus ini yang diketahui adalah Titanoboa cerrejonensis, ular terbesar yang pernah ditemui. Ilmuwan memperkirakan T. cerrejonensis memiliki panjang 13 m dengan massa lebih dari 1.100 kg, dan memiliki lebar 1 m. Fosil 28 T. cerrejonensis ditemukan di tambang batu bara Cerrejón di Kolombia utara tahun 2009.

10. Livyatan melvillei


Livyatan melvillei adalah ikan paus yang memakan paus lain. Ia memiliki gigi terbesar dari setiap binatang yang pernah menggunakan gigi mereka untuk makan (gading gajah lebih besar, tapi hanya membantu mereka hal-hal menghancurkan, tidak digunakan untuk makan). Mereka tinggal di lautan yang sama dan makan makanan yang sama seperti Megalodon, jadi paus ini benar-benar harus bersaing dengan predator hiu terbesar yang pernah.

11. Basilosaurus

Basilosaurus atau 'Kadal Raja' adalah genus cetacean yang hidup dari 40 hingga 34 juta tahun silam di akhir Eosen. Sisa sisa fosilnya telah ditemukan di Amerika Serikat (Louisiana), dan waktu itu sempat dipercaya sebagai semacam reptil laut raksasa. Walaupun penelitian lebih lanjut telah membantahkan hal ini. Fosil dari sekurangnya dua spesies lain dari takson ini telah ditemukan di Mesir dan Pakistan. Basilosaurus dapat tumbuh hingga sepanjang 18 meter (60 kaki), dan dipercaya sebagai hewan terbesar di masa saat mereka hidup.

12. Jaekelopterus rhenaniae

Jaekelopterus rhenaniae atau 'Otto Jaekel dari Rhineland' adalah spesies punah dari Eurypterida (kalajengking laut). Pada panjang diperkirakan sebesar 2,5 meter (8,2 kaki), ini adalah salah satu dari dua arthropoda terbesar yang pernah ditemukan (yang lainnya adalah binatang kaki seribu-seperti raksasa, Arthropleura, meskipun hewan yang lebih besar tidak jelas). Para eurypterid terbesar kedua dikenal adalah Pterygotus. Jaekelopterus hidup sekitar 390 juta tahun lalu. Meskipun disebut sebagai "kalajengking laut", adalah berspekulasi untuk memiliki hidup di sungai air tawar dan danau, bukan di lautan air asin. Hewan itu dijelaskan oleh Simon Braddy dan Markus Poschmann dari University of Bristol di jurnal Biology Letters (November 2007), mereka menemukan 46 cm chelicera (cakar seperti bagian mulut), dan diperkirakan ukuran total hewan berdasarkan proporsi dari cakar ini. Bila diperpanjang, chelicerae akan telah menambahkan meteran panjangnya lain.

13. Predator X


Predator X adalah nama yang belum resmi untuk predator laut yang diklaim sebagai "binatang yang paling menakutkan yang berada di lautan".
Memiliki panjang tubuh sampai dengan 15 meter, berat badan 45.000 kg dan dengan gigi 30 sentimeter panjangnya (giginya bahkan lebih kuat dibandingkan dengan gigi Tyrannosaurus), membuat gigitannya 10 kali lebih kuat daripada predator saat ini dan empat kali lebih kuat dari Tyrannosaurus. Ada satu lagi fakta yang membuat makhluk ini menjadi menakutkan, Predator X dapat berenang hanya menggunakan dua siripnya, dua lainnya dapat berfungsi untuk menangkap mangsa.

14. Tyrannosaurus-Rex











Tyrannosaurus Rex adalah predator dominan selama 25 juta tahun. Dengan indera yang tajam, kekuatan rahang 16 kali lebih kuat dari alligator dan memiliki 7 ton otot rahang, cocok dengan namanya, "tyrant lizard king.".http://dsc.discovery.com/videos/dinosaurs/

15. Spinosaurus

 
Spinosaurus merupakan Theropoda raksasa yang dapat tumbuh hingga 13, 8 m dengan tinggi lebih dari 6 m dan berat mencapai 7, 6 ton. Panjang tengkorak Spinosaurus 1, 75 m dengan seratus gigi-gigi runcing yang lurus sepanjang kira-kira 17 cm. Ciri khas Spinosaurus adalah tulang belakangnya yang meninggi hingga 1, 8 atau 2 m dan merupakan layar yang dilapisi kulit. Di bawah lapisan kulit keras yang liat tersebut terdapat pembuluh darah yang berguna untuk mengatur suhu tubuh Spinosaurus atau untuk menarik perhatian betina saat musim kimpoi, karena diperkirakan layar Spinosaurus dapat berubah warna seperti kulit bunglon. Spinosaurus juga mempunyai lubang hidung yang tidak terletak di ujung moncong seperti kebanyakan Theropoda, melainkan di dekat matanya.

16. Sabretooth
 
Sabertooth hidup beberapa juta tahun yang lalu saat bumi masih diselumuti es tebal pada Ice Age. Jenis sabertooth terbesar adalah Smilodon, yang berukuran sedikit lebih kecil dari panther akan tetapi memiliki bobot yang lebih berat yaitu 440 lbs. Beberapa Sabertooth bahkan dapat tumbuh hingga mencapai panjang 15 kaki. Makanan utama hewan ini adalah mamoth, antelop, rusa, dan kerbau. Hal yang paling menakutkan dari hewan ini adalah taringnya yang sangat panjang yang dapat mencapai 28 cm. Beberapa ahli berpendapat bahwa kekuatan utama dari hewan ini bukan tertelak pada gaya gigitannya, akan tetapi pada kekuatan otot leher untuk mencabik mangsa dengan menancapkan taringnya pada mangsa tersebut. Sabertooth dapat membuka rahangnya hingga membentuk sudut 120 derajat. Jauh lebih besar daripada singa yang hanya 65 derajat.

17. Therizinosaurus

Nama Therizinosaurus berarti “Kadal sabit besar”. Nama itu diberikan karena cakarnya yg panjang & melengkung seperti sabit raksasa. Panjang cakarnya sendiri yang tidak ditutupi daging mencapai 90 cm ( keseluruhannya 1,5 m).
Semula para ahli mengira dinosaurus ini adalah dinosaurus pemakan daging, karena mereka hanya menemukan fosil lengannya di Mongolia. Belakangan, para ahli menemukan fosil utuhnya & kaget karena struktur giginya sama sekali tidak mirip dinosaurus pemakan daging.
Para ahli pun berpikir cakar ini hanya dipakai untuk mematahkan ranting atau mempertahankan diri dari pemangsa.

18. Giganotosaurus 

Giganotosaurus adalah dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah berburu didaratan. Ia bahkan lebih besar dari tyrannosaurus rex. Dengan rahangnya yang menyerupai gunting tajamnya dan gigi yang bergerigi, mereka dapat menggigit tembus kedalam daging seperti pisau memotong masuk kedalam mentega. Rahangnya cukup besar untuk menelan seorang manusia dewasa secara utuh! Bila ukurannya tidak membuat takut terlebih dahulu, giganotosaurus mungkin akan berburu dalam kelompok untuk mengalahkan dinosaurus pemakan tumbuhan raksasa.

info giganotosaurus:
panjang : 14 meter
tinggi : 4.5 meter hingga paha; 7 meter hingga kepala
bobot : Hingga 8 ton
makanan : Dinosaurus lainnya

19. Carcharodontosaurus 
 
Dinosaurus pemakan daging yang paling ganas yang pernah menjelajah planet kita, dinosaurus besar ini memiliki gigi besar dan tajam yang dapat memotong daging korbannya dengan mudah. Ukuran tubuhnya lebih besar dari tiga mobil ukuran keluarga dan bobotnya lebih dari seratus orang dewasa. Ukurannya yang luar biasa besar merupakan keuntungan dalam melawan dinosaurus lainnya.

Predator sebesar dinosaurus ini membutuhkan jumlah daging yang banyak. Seperti mengikuti dan membunuh mangsa, mereka juga memakan setiap mahkluk yang mati yang mereka lewati.

Beberapa ahli berpendapat bahwa dinosaurus besar ini mungkin saja merawat anak-anaknya seperti yang dilakukan oleh burung pada saat ini.

info carcharodontosaurus:
panjang : Hingga 13.5 meter
bobot : Hingga 8 ton
tengkorak : 1.6 meter panjangnya
senjata : Rahang yang luar biasa kuat, 12.5 centimeter gigi dan cakar yang tajam
makanan : Dinosaurus lainnya, hidup atau mati, dan ikan

20. Velociraptor

Velociraptor yang berarti 'pencuri yang gesit' adalah sejenis pemangsa seperti Tyrannosaurus, hanya berbadan lebih kecil dan biasa hidup berkelompok. Strategi menyerang mereka lebih pintar daripada dinosaurus lainnya. Mereka menggunakan penarik perhatian untuk mengalihkan perhatian mangsa mereka, yang sebenarnya mangsa mereka telah dikepung.
Ia termasuk dalam sub-ordo Dromaeosaurida yang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 7 kaki (2,5 meter) dan tinggi 3 kaki (1 meter) dan berat sekitar 20-60 pound (10-20 kilogram) . Seperti Dromaeosaurida lainnya, tubuh Velociraptor kemungkinan memiliki bulu. Selain itu, mereka memiliki sebuah cakar besar berbentuk melengkung di tiap kakinya, yang kemungkinan digunakan untuk menusuk atau merobek tubuh korbannya,dan juga menyerangnya dengan kuku kaki yang tajam.

*diolah dari berbagai sumber

Oke segitu aja, jangan lupa komennya ya

130 komentar:

  1. Mantapp gann ngeri yeehh, kunbalnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

      Assalamualaikum saya atas nama Rini anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

      Hapus
  2. wuih, megalodon bisa 18 meter

    kalo hidup dijaman sekarng bisa dibuat jungkir balik kapal2 pesiar

    BalasHapus

  3. makasih gan atas infonya ditunggu update selanjutnya

    BalasHapus
  4. wuihhh untung udah punah ya gan.. coba kalo masih ada, bakal hidup d jaman penjajahan lagi nih kita, tapi yang jajah hewan-hewan diatas nohh ,, heheh :d
    nice post dah gan..

    BalasHapus
  5. sekarang manusia bisa lebih ganas daripada hewan yang paling buas ....

    BalasHapus
  6. ok mkasih gan infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. wow serem bener jenis nya gan,hewan terganas ini

    BalasHapus
  8. good share, jadi lebih mengetahui berbagai jenis hewan terganas didunia nih gan,terimakasih banyak ya

    BalasHapus
  9. bagus sekali infonya. terimakasih.
    hadapilah semua masalah. selesaikan dengan hati yang tenang dan otak yang yang dingin serta berusaha dengan keras...

    BalasHapus
  10. terimakasih, website ini telah memberikan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk saya dan yang lain

    BalasHapus
  11. semua yang telah dihadirkan oleh website ini sangat sempurna,baik minimalist home design tampilan dan artikelnya..penuh warna dan penuh makna..

    BalasHapus
  12. Andaikan binatang ini semua ada di jaman sekarang, sepertinya manusia akan musnah

    BalasHapus
  13. Bukan tidak mungkin beberapa diantaranya masih ada sekarang, namun bersembunyi di samudera luas.. Hanya Tuhan yang tahu

    BalasHapus
  14. Kayaknya keturunan-keturunannya masih ada di jaman sekarang

    BalasHapus
  15. mengerikan, untung saja sudah punah

    BalasHapus
  16. Pertanyaannya adalah kenapa mereka punah ya? bagaimana jika mereka ada berdampingan dengan manusia. Kayaknya Laut bakalan menjadi tempat yang tidak aman

    BalasHapus
  17. Tapi saya belum mengerti mengapa Tuhan menciptakan mereka? adakah manfaat keberadaan mereka bagi kita? Selain minyak bumi tentunya

    BalasHapus
  18. The earth has many mysterious thing. When we find something mysterious, then there are a lot of questions that full of mystery to answer

    BalasHapus
  19. Keren dan mengagumkan. Untung sudah punah. Bayangkan jika mereka semua masih ada....Saat ini yang paling ganas adalah manusia. Itupun jika mereka dikategorikan ke dalam binatang he..he..

    BalasHapus
  20. wah wah hewan hewan yang sangat besar dan ganas ,keren sobat

    BalasHapus
  21. wuihh....udah ganas berukuran besar gigi iginya nyeremin,kalo hewan hewan diatas masih hidup bukan mereka yg bakal punah tapi manusia yg bakal punah (T^T)(O_O)

    BalasHapus
  22. Seandainya hewa-hewan itu masih ada di bumi gimana ya? bakalan seru kalee ya.... wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  23. Gk salah tuh Pliosaurusnya ?? ,, Sampe 52 Meter ?? .

    BalasHapus
  24. Ane Tercengang dgn Postingan ini (h) ,, masa Liopleurodon panjangnya 25 Meter ,, kan aslinya cuman 7-10 Meter ,, Predator terbesar sepanjang masa itu Charcarodon Megalodon yg panjangnya sampai 18 Meter ,, + Pliosaurus masa Panjangnya 52 Meter dan Panjang Kepalanya hanya 8 kaki . itu info yg bisa saya kasih . CMIIW.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. rata rata hewan laut yak yang paling serem, tapi itu kalajengkingnya gede banget gak tau apa jadinya kalau tersengat

    BalasHapus
  27. ga semua binatang diatas sudah punah...
    ada beberapa dari mereka yg masih hidup...
    salah satu.a di Palung Mariana dan di beberapa samudra lain.a...
    kita mank ga tau keberadaan.a karna belum pernah melihat...
    dan semua itu hanya ALLAH SWT yg tau...
    tapi makasih banyak y gan atas info.a... :-) :-)

    BalasHapus
  28. sangat bermanfaat, menambah wawasan saya.. semoga semakin menambah wawasan kita semua..

    BalasHapus
  29. Nice inpo Gan, megalodon yang familiar untuk diingat hehe.. :)

    BalasHapus
  30. Kok gak ada naga yah? Wkwkwk

    BalasHapus
  31. salam.
    terimakasih pak atas infromasi yang telah bapak terbitkan ini. sangat berguna.

    BalasHapus
  32. makasih buat infonya sangat menarik sekali bermanfaat

    BalasHapus
  33. untung aje liopleurodon ada bukan dijaman kita, kalo ada wah udah gaakan ada yang mau jadi nelayan deh yakin

    BalasHapus
  34. Serem-serem yaaa ...
    Kira-kira masih ada gak yaaa ?? :-?

    BalasHapus
  35. tak percaya soalnya di islam tidak ada sejarahnya

    BalasHapus
  36. ih ngeri banget baru lihat gambarnya juga, gimana aslinya..
    apa semua hewan purba di atas sudah punah atau ada yang masih hidup sampai sekarang? bantu jawab ya gan, THANKS
    visit
    Ciri-ciri Kanker Mulut


    Obat Herbal Penyakit Limfoma


    Obat Herbal Tumor Ganas


    Obat Herbal Benjolan Di Payudara

    BalasHapus
  37. baru lihat gambar nya aja udah sangar banget nih hewan, gimana lihat yang aslinya ya? enggak deh
    Artikel yang sangat bagus deh. TOP

    BalasHapus
  38. Hidih ... sereem" yaaa hewan jaman dulu .
    Sekarang masih ada ga yaaa ?? hihihihihi

    BalasHapus
  39. Ih ngeri banget yang megalodon sama predator x

    BalasHapus
  40. Ih ngeri banget yang megalodon sama predator x

    BalasHapus
  41. Terima Kasih atas Info yang Anda Berikan

    BalasHapus
  42. Artikel yg bermanfaat memang mantap blog ini.. Update terus dan sukses selalu ya Gan

    BalasHapus
  43. selamat malam, uwaaah... websitenya bagus nih gan, bikin kalem hati, keep posting gan. .Saya tunggu postingan menarik lainnya di website ini. Thank you

    BalasHapus
  44. Waaah beranfaat banget gan,lengkap dan udah dipahami, Ditabah gabar yang mendukung! Sip deh. apalagi buat pebaca seperti aku yang suka sama dino. good job!

    BalasHapus
  45. makasih nih info yang sangat bermanfaat nambah ilmu

    BalasHapus
  46. GUYS KALO HEWAN HEWAN YANG ADA DI ATAS ...HMM..PASTI KITA BARU LAHIR 1 JAM SUDAH IS DEAD.....MENUURUT GUA HEWAN YANG PALING BESAR DI MUKA BUMI TU "SCP 169" ATAU "THE LIVAITHAN" PANJANG TUBUHNYA HAMPIR 8 RIBU KILO METER ....GX PERCAYA LIHAT SENDIRI DI GOOGLE

    BalasHapus
  47. Wah.. Saya baru tahu kalau hewan purba sangat menakutkan seperti itu ih serem.. Artikel yang sangat bagus kak, Good JOB!

    BalasHapus
  48. wah jadi tambah ilmu dan wawasan nih ,,, maksih gan ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus
  49. Ingin beruntung seperti temen-temen kamu?

    Langsung saja kamu mendaftar di AsliBandar dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna.

    Dengan Deposit yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Ingin beruntung seperti temen-temen kamu?

    Langsung saja kamu mendaftar di www.AsliBandar.net dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna.

    Dengan Deposit yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Untuk Info lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

    Pin BB : 2B3C34F4
    YM : Aslibandar_CS
    Skype : AsliBandar
    Telp : +855882388666
    FB : AsliBandar

    BalasHapus
  50. Happy not belong to him who is great at everything, but he who is able to find simple things dlm life and be grateful.

    Ada banyak cara untuk nonton online mulai dari PC maupun HP Android kita. Beberapa situs mungkin menyediakan Nonton Bokep Online Internet semakin luas dan berkembang banyak orang yang sudah membuat blog untuk bisnisnya, ada pula yang membuat blog Cerita Dewasa hanya untuk bersenang senang. Beberapa blog wallpaper Gambar Bugil dapat kita jumpai. Tujuan dari semua blog tersebut tidak lain untuk kesenangan belaka. Terimakasih | layarkubiru.xyz

    BalasHapus
  51. manusia lebih jahat dari hewan purba

    BalasHapus
  52. Butuh Bandar Online terpercaya ?
    Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

    Menyediakan permainan ;
    Togel Online 6 pasaran favorit
    Live dd48red blue Paling FAIR

    serta memberikan prediksi terakurat
    DISKON Pemasangan :
    4D ; 66%
    3D : 59%
    2D : 29%

    Support 4 Bank terbaik :
    BCA
    MANDIRI
    BNI
    BRI

    Hot Promosi Jackpot Super Lucky
    Promosi New Member

    Daftar sekarang bos : www.togelpelangi.com/daftar

    Info dan contact :

    BBM D8E23B5C
    LINE togelpelangi
    No telp.dan W.a +85581569708

    Silahkan bos



    BalasHapus

  53. interesting articles and this is my first first reading a very interesting article thanks for this article that fits with the theme news.
    raja poker

    BalasHapus
  54. Predator x mungkin Mosasaurus

    BalasHapus
  55. kebayang kalo masih pada hidup

    BalasHapus
  56. Agen TOGEL 4DPOIN,Online Terpercaya.
    Minimal Deposit Dan Withdraw 20.000
    Keterangan Lebih Lanjut, Anda Bisa Hubungi Disini.
    * Pin BBM : D1A279B6
    * Pin BBM : 7B83E334
    * Whatsapp : +85598291698
    * Skype : Poin.4D
    * Line : +85598291698

    BalasHapus
  57. http://www.culinarypropaganda.com/2011/07/you-will-eat-mackerel.html?showComment=1537613849966#c311535125922962142

    dompetcasino.org online casino agent is essential if people want to work on online gambling. http://www.dompetcasino.net/ to make the play scene should really be done so that the smoothness in playing gambling can be enjoyed gambling agency sites online casino agency page can also be done with a system of observing recommendations and recommendations from more experienced players.
    judi online

    pokerstar365.net is a card game that shares betting rules and is usually (but not always) in hand ranking. The Poker Online game is different in terms of how cards are shared. In the most modern Poker Games, the first round of betting starts with several forms. Type of card arrangement in Online Poker.

    poker online

    BalasHapus
  58. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kamu https://bit.ly/2COHCoR

    BalasHapus
  59. Batu Poker is a trusted online poker site in Indonesia, providing 7 of the most complete and reliable game games, with only 1 user id, members have been able to play 7 games on Batupoker99, with the Batupoker99 free deposit and withdrawal process being the best choice for poker game play. online, batupoker99 holds the title of a trusted Online Poker Site ...




    Batu Poker

    BalasHapus
  60. 🔱WAKANDATOTO🔱
    ♠ BANDAR TOGEL TERPERCAYA DAN AMAN 💯♠
    JP BERAPAPUN DI BAYAR
    ♠BO BONAFIT♠

    🔜Di Lengkapi Aplikasi BBFS 7 DIGIT🆗
    🔜Diskon Pembelian Terbesar
    ➖2D 29%
    ➖3D 59%
    ➖4D 65%

    ➖ MINIMAL BET 100
    ➖ Minimal DEPO : 10.000
    ➖ Minimal WD : 50.000
    ➖ Minimal Betting : 100 / line
    ➖ Line Invest : 50 Line
    ➖ Bonus Referral 2% (Seumur Hidup )
    ➖ CashBack / Minggu
    ➖ BBFS 7 DIGIT

    ✳ HADIAH ✳
    4D di X 3.000✔
    3D di X 400✔
    2D di X 70✔

    https://www.facebook.com/groups/659390757776446/
    PIN BBM : WAKATOTO
    Whatsapp: +855 96 250 8220
    Line : WAKANDATOTO

    bandar togel

    Wakanda Prediksi

    Link Alternatif Wakandatoto

    Togel Pasaran Makati

    BalasHapus
  61. Anda mempunyai artikel yang sangat Bagus dimana artikel anda menceritakan hal-hal yang lumayan menarik di ceritkan atau dengan kata lain tidak ada unsur membosankan di dalam artikel anda.Aplagi artikel anda memiiki design Blog yang cukup simple sehingga tidak menggangu pandangan Seorang Pembaca artikel dan tidak merusak konsentrasi mereka.

    Saya juga mempunyai beberapa artikel yang sangat bagus di baca di bawah ini :
    Daftar Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Situs Poker Online
    Capsa Susun Online
    Poker Uang Asli
    poker tanpa deposit
    Bambu Poker
    BambuPoker
    Daftar Bambupoker
    Link Alternatif BambuPoker

    PROMO DAPATKAN IPHONE 11 PRO MAX GRATIS
    DENGAN CARA BERMAIN GAME DI WEB KAMI
    DENGAN SYARAT DAN KETENTUAN YANG TELAH KAMI BUAT
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN KLIK LINK DI BAWAH INI :
    Poker Online Terbaik
    Daftar Judi Poker
    Poker Uang Asli
    Daftar Poker Terpercaya
    Poker Tanpa Deposit
    QQ Online Poker
    QQ Domino Poker
    Poker Capsa Susun
    Judi Online Tanpa Modal

    untuk info lebih lanjut silahkan Chat Customer Service kami di bawah ini :
    Bambupoker
    http://bambupoker.com/
    https://trustzonecasino.com/

    Terimakasih , salam Bambupoker.

    BalasHapus
  62. ini web sangat membantu saya untuk seo https://tatoeba.org/eng/user/profile/lucindaapei5

    BalasHapus
  63. konten yang sangat bagus dan menarik. Saya mendapatkan informasi menarik untuk situs kami. Saya harap anda juga mengunjungi situs kami di https://www.turnkeylinux.org/user/1180288 , Karena banyak berbagai informasi yang dapat membantu anda

    BalasHapus
  64. aman paten dan depo kecil? sudah pasti bandar togel online kingdomgrup bosku http://128.199.187.54/

    BalasHapus
  65. Artikel nya sangat bagus dan tidak membosankan sehingga pembaca santai untuk membacanya..
    saya juga ada artikel yang menarik, jangan lupa untuk kunjungi balik artikel saya:
    Agen Slot Online Mudah Menang
    bandar bola terpercaya
    Terimakasih..

    BalasHapus
  66. Situs Judi Togel Online Sengtoto

    BalasHapus
  67. It s a very useful page. Thank you. 14edfb7a4e9229230196c5ca840e0cf4
    enez
    karakoyunlu
    tomarza
    malatya
    golmarmara
    fatih
    kozlu
    pendik
    edremit

    BalasHapus
  68. Congratulations on your article, it was very helpful and successful. 7792fe80171111f4f07f0993cb351742
    sms onay
    website kurma
    website kurma

    BalasHapus
  69. Thank you for your explanation, very good content. a0630b3d56060ea1369c944831c541d4
    define dedektörü

    BalasHapus
  70. Thanks for your article. e6f1054c44127a4a5b201b3492ece138
    evde iş imkanı

    BalasHapus
  71. E09FA
    ----
    ----
    matadorbet
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.Terimakasih telah berkunjung di di Blog BILLYSHARE 99

Peraturan dalam berkomentar :
1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel.
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM.
3. Dilarang Membuat onar dan menggunakan kata kasar
4. Kami Harap Jangan Menaruh Link Hidup Maupun Mati Di Kotak Komentar, Terimakasih
5. Jika ingin menggunakan link harap gunakan open ID
6. Dilarang Promosi Iklan dan sebagainya..Harap dimaklumi !!