Rabu, 18 Desember 2013

Pengertian, Jenis-jenis, Dampak dan Manfaat Sampah

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb 

Bicara tentang sampah pasti yang ada dibenak kalian adalah kotor, kumuh, dan menjijikan, Emang iya sih.


ya, sampah memang masih menjadi salah satu masalah terbesar di kota-kota besar di Indonesia, Salah satu contohnya adalah sampah di Ibu kota kita gan, Berbagai upaya penanganan sampah sudah dicoba oleh pemerintah, namun hasilnya belum saja maksimal.

PENGERTIAN SAMPAH DAN JENISNYA.



Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.

Jenis-jenis sampah

A. Berdasarkan sumbernya:


1.Sampah alam
2.Sampah manusia
3.Sampah konsumsi
4.Sampah nuklir
5.Sampah industri
6.Sampah pertambangan

B. Berdasarkan sifatnya

- Sampah organik - dapat diurai (degradable)

Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos;

- Sampah anorganik - tidak terurai (undegradable)


Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton;

C. Berdasarkan bentuknya

1. Sampah Padat



Sampah padat adalah segala bahan buangan selain kotoran manusia, urine dan sampah cair. Dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, sampah kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Menurut bahannya sampah ini dikelompokkan menjadi sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik Merupakan sampah yang berasal dari barang yang mengandung bahan-bahan organik, seperti sisa-sisa sayuran, hewan, kertas, potongan-potongan kayu dari peralatan rumah tangga, potongan-potongan ranting, rumput pada waktu pembersihan kebun dan sebagainya.
Berdasarkan kemampuan diurai oleh alam (biodegradability), maka dapat dibagi lagi menjadi:
- Biodegradable: yaitu sampah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi baik aerob atau anaerob, seperti: sampah dapur, sisa-sisa hewan, sampah pertanian dan perkebunan.
- Non-biodegradable: yaitu sampah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. Dapat dibagi lagi menjadi:
- Recyclable: sampah yang dapat diolah dan digunakan kembali karena memiliki nilai secara ekonomi seperti plastik, kertas, pakaian dan lain-lain.
- Non-recyclable: sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi dan tidak dapat diolah atau diubah kembali seperti tetra packs, carbon paper, thermo coal dan lain-lain.

2. Sampah Cair




Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan kembali dan dibuang ke tempat pembuangan sampah.
- Limbah hitam: sampah cair yang dihasilkan dari toilet. Sampah ini mengandung patogen yang berbahaya.
- Limbah rumah tangga: sampah cair yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi dan tempat cucian. Sampah ini mungkin mengandung patogen.
Sampah dapat berada pada setiap fase materi: padat, cair, atau gas. Ketika dilepaskan dalam dua fase yang disebutkan terakhir, terutama gas, sampah dapat dikatakan sebagai emisi. Emisi biasa dikaitkan dengan polusi.
Dalam kehidupan manusia, sampah dalam jumlah besar datang dari aktivitas industri (dikenal juga dengan sebutan limbah), misalnya pertambangan, manufaktur, dan konsumsi. Hampir semua produk industri akan menjadi sampah pada suatu waktu, dengan jumlah sampah yang kira-kira mirip dengan jumlah konsumsi.
untuk mencegah sampah cair adalah pabrik pabrik tidak membuang limbah sembarangan misalnya membuang ke selokan.

3. Sampah alam




Sampah yang diproduksi di kehidupan liar diintegrasikan melalui proses daur ulang alami, seperti halnya daun-daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Di luar kehidupan liar, sampah-sampah ini dapat menjadi masalah, misalnya daun-daun kering di lingkungan pemukiman.

4. Sampah manusia




Sampah manusia (Inggris: human waste) adalah istilah yang biasa digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menjadi bahaya serius bagi kesehatan karena dapat digunakan sebagai vektor (sarana perkembangan) penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. Salah satu perkembangan utama pada dialektika manusia adalah pengurangan penularan penyakit melalui sampah manusia dengan cara hidup yang higienis dan sanitasi. Termasuk didalamnya adalah perkembangan teori penyaluran pipa (plumbing). Sampah manusia dapat dikurangi dan dipakai ulang misalnya melalui sistem urinoir tanpa air.

5. Sampah Konsumsi




Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh (manusia) pengguna barang, dengan kata lain adalah sampah-sampah yang dibuang ke tempat sampah. Ini adalah sampah yang umum dipikirkan manusia. Meskipun demikian, jumlah sampah kategori ini pun masih jauh lebih kecil dibandingkan sampah-sampah yang dihasilkan dari proses pertambangan dan industri.

6. Limbah radioaktif




Sampah nuklir merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidupdan juga manusia. Oleh karena itu sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi untuk melakukan aktivitas tempat-tempat yang dituju biasanya bekas tambang garam atau dasar laut (walau jarang namun kadang masih dilakukan).

DAMPAK YANG DITIMBULKAN OLEH SAMPAH1. Dampak terhadap Kesehatan


- Penyakit diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum. Penyakit demam berdarah (haemorhagic fever) dapat juga meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai.
- Penyakit jamur dapat juga menyebar (misalnya jamur kulit).
- Penyakit yang dapat menyebar melalui rantai makanan. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang dijangkitkan oleh cacing pita (taenia). Cacing ini sebelumnya masuk ke dalam pencernaaan binatang ternak melalui makanannya yang berupa sisa makanan/sampah.
- Sampah beracun.
Telah dilaporkan bahwa di Jepang kira-kira 40.000 orang meninggal akibat mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi oleh raksa (Hg). Raksa ini berasal dari sampah yang dibuang ke laut oleh pabrik yang memproduksi baterai dan akumulator.

2. Dampak terhadap Lingkungan


Pencemaran darat yang dapat ditimbulkan oleh sampah misalnya ditinjau dari segi kesehatan sebagai tempat bersarang dan menyebarnya bibit penyakit, sedangkan ditinjau dari segi keindahan, tentu saja menurunnya estetika (tidak sedap dipandang mata).

Cairan rembesan sampah yang masuk ke dalam drainase atau sungai akan mencemari air. Berbagai organisme termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesies akan lenyap, hal ini mengakibatkan berubahnya ekosistem perairan biologis. Penguraian sampah yang dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organik dan gas-cair organik, seperti metana. Selain berbau kurang sedap, gas ini dalam konsentrasi tinggi dapat meledak.
Macam pencemarann perairan yang ditimbulkan oleh sampah misalnya terjadinya perubahan warna dan bau pada air sungai, penyebaran bahan kimia dan mikroorganisme yang terbawa air hujan dan meresapnya bahan-bahan berbahaya sehingga mencemari sumur dan sumber air. Bahan-bahan pencemar yang masuk kedalam air tanah dapat muncul ke permukaan tanah melalui air sumur penduduk dan mata air. Jika bahan pencemar itu berupa B3 (bahan berbahaya dan beracun) mislnya air raksa (merkuri), chrom, timbale, cadmium, maka akan berbahaya bagi manusia, karena dapat menyebabkan gangguan pada syaraf, cacat pada bayi, kerusakan sel-sel hati atau ginjal. Baterai bekas (untuk senter, kamera, sepatu menyala, jam tangan) mengandung merkuri atau cadmium, jangan di buang disembarang tempat karena B3 didalamnya dapat meresap ke sumur penduduk.

Macam pencemaran udara yang ditimbulkannya misalnya mengeluarkan bau yang tidak sedap, debu gas-gas beracun. Pembakaran sampah dapat meningkatkan karbonmonoksida (CO), karbondioksida (CO2) nitrogen-monoksida (NO), gas belerang, amoniak dan asap di udara. Asap di udara, asap yang ditimbulkan dari bahan plastik ada yang bersifat karsinogen, artinya dapat menimbulkan kanker, berhati-hatilah dalam membakar sampah.

3. Dampak terhadap Keadaan Sosial dan Ekonomi


- Pengelolaan sampah yang kurang baik akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat: bau yang tidak sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana.
- Memberikan dampak negatif terhadap kepariwisataan.
Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. Hal penting di sini adalah meningkatnya pembiayaan secara langsung (untuk mengobati orang sakit) dan pembiayaan secara tidak langsung (tidak masuk kerja, rendahnya produktivitas).
- Pembuangan sampah padat ke badan air dapat menyebabkan banjir dan akan memberikan dampak bagi fasilitas pelayanan umum seperti jalan, jembatan, drainase, dan lain-lain.
- Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengolahan air. Jika sarana penampungan sampah kurang atau tidak efisien, orang akan cenderung membuang sampahnya di jalan. Hal ini mengakibatkan jalan perlu lebih sering dibersihkan dan diperbaiki.

MANFAAT SAMPAH

1. Sebagai pupuk organik untuk tanaman.

Limbah dari sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk penyubur tanaman dengan menyulap sampah menjadi kompos. Kompos dapat memperbaiki struktur tanah, dengan meningkatkan kandungan organik tanah dan akan meningkatkan kemampuan tanah untuk mempertahankan kandungan air dalam tanah.

2. Sumber humus.

Sampah orgnaik yang tenah membusuk seperti dapat menjadi humus yang dibutuhkan untuk tanah untuk menjaga kesuburan tanah. serta menjadi sumber makanan yang baik bagi tumbuh-tumbuhan, meningkatkan kapasitas kandungan air tanah, mencegah pengerukan tanah, menaikkan aerasi tanah, menaikkan foto kimia dekomposisi pestisida atau senyawa-senyawa organik racun.

3. Sampah dapat didaur ulang.

Limbah sampah dari plastik dan kertas dapat didaur ulang menjadi berbagai barang yang bermanfaat seperti menjadi produk furnitur yang cantik. atau didaur ulang kembali menjadi bahan baku pembuatan produk plastik atau kertas.

4. Dijadikan bahan bakar alternatif.

Pembusukan sampah dapat menghasilkan gas yang bernama gas metana yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk kebutuhan rumah tangga atau industri kecil.

5. Menjadi sumber listrik.

Secara tidak langsung sampah dapat dijadikan sumber listrik alternatif dengan cara merubah sampah agar menghasilkan gas metana, dimana gas ini dapat dijadikan bahan bakar untuk menjalankan pembangkit listrik.

NOTE,
Walaupun disisi lain sampah memiliki kegunaan dan manfaat, namun Dampak negatif yang disebabkan juga lebih besar. oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dari masyarakat agar sampah yang yang tak digunakan pun bisa terminimalisir.


BE SMART !

1. Pintar-pintar membedakan jenis sampah




2. Pintar-pintar memilih produk yang menghasilkan sedikit sampah.



3. Pintar-pintar memnfaatkan sampah menjadi barang pakai.




MASALAH SAMPAH HANYA BISA DI ATASI OLEH KESADARAN DIRI KITA MASING-MASING "BUDAYAKAN BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA - SAMPAH SEKECIL APAPUN ITU"

sekian dari saya trit mengenai sampah ini, semoga bermanfaat 

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sampah
               http://semuaitubermanfaat.blogspot.com/2012/02/manfaat-sampah.html
               http://dedymeliala.blogspot.com/2012/05/pengertian-jenis-dampak-negatif-sampah.html

106 komentar:

  1. sampah itu bukan cuma masalah di negara kita gan..hampir seluruh dunia..tapi di negara2 maju kenapa kesadaran masyarakatnya tinggi akan buang sampah..karna disana penegakan hukumnya bagus..mungkin aja sih gan ane cuma nebak2 doang :)

    BalasHapus
  2. Selain masalah kesadaran diri masalah sampah juga bergantung pada sistem sarana dan pengolahan sampah.. Kenapa di Indonesia tempat2 sampah hanya terpusat dikota2 besar.. Sedangkan kota kota kecil jarang ditemukan tempat sampah di jalanan??

    BalasHapus
  3. makasih ya kak artiikelnya, sangat membantu ngerjain tugas sekolah

    BalasHapus
  4. nice gan kudu diperbanyak thread sampah kaya gini supaya generasi muda bsa ngubah gaya nyampah supaya ga jadi sampah Reduce><Recycle mulai dari yg kecil kesadaran buang sampah pada tempatnya (h)

    BalasHapus
  5. Saat ini hanya sebagian kecil dari kita yang memanfaatkan sampah2, seharusnya sampah2 ini harus dikelola dengan bijak, bayangin 50 thn kedepan brp kubik sampah yang ada di tempat pembuangan akhir, mngkn sampah yang tidak dikelola dg bijak bisa membuat 1 pulau baru atau bahkan benua baru. So, buanglah sampah pada tempatnya pisahkan mana yg bisa didaur ulang, manfaatkan kl bisa dimanfaatkan.
    Nice thread sob (h) :-)

    BalasHapus
  6. serem juga kalo gak bisa memanfaatkan sampah
    coba untuk mendaur ulang agar tidak berakibat buruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Be smart gan.. pintar2 kita meminimalisir sampahnya

      Hapus
  7. Wah berasa belajar IPA ane gan.

    BalasHapus
  8. sampah emg bagus buat pupuk gan, tapi ngeliat jaman sekarang sampahnya mengandung zat kimia aneh2 jadi ragu untuk percaya sama pupuknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Sampah jaman sekarang juga kebanyakan udah sulit di manfaatkan gan [-(

      Hapus
  9. Thread yang bagus Gan....ternyata banyak juga jenisnya sampah itu..

    Bijaklah dalam bertindak untuk mengurangi produksi sampah.....biar bumi kita ini tetap nyaman dan indah...

    BalasHapus
  10. wah lama2 bumi ini bisa penuh ma sampah2 manusia, manusia yg paling banyak bikin bumi kotor

    BalasHapus
  11. Sampah Itu Terkesan Bau dan Jorok, Tp lebih buruk lagi kali kita hanya diam melihat sampah.

    BalasHapus
  12. Sampah menjadi permasalahan besar.. terutama di kota-kota besar.

    BalasHapus
  13. buanglah sampah pada tempatnya, kalau untuk blogger buanglah spam pada tempatnya

    BalasHapus
  14. ok mkasih gan infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  15. sama gan, ane juga lagi cari artikel tentang sampah..
    thq gan :)

    BalasHapus
  16. Kebersihan adalah sebagian dari iman, maka buanglah sampah pada tempatnya.

    BalasHapus
  17. masalah sampah diawali dengan maslah kebiasaan membuang sampah sembarangan.

    BalasHapus
  18. nice info, kalau sampah masyarakat?? Sumbernya apa ya??

    BalasHapus
  19. Sampah adalah sampah, sampah kalo dibiarkan bisa jadi limbah, namun tidak untuk ditangan kreatif. Sampah dapat jadi mata pencarian yg sangat2 menguntungkan..

    BalasHapus
  20. makasih gan info dan ilmu nya, semoga bisa selalu bermanfaat. amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan aaamiin, terimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. kalau seorang blooger selain nyepam, tapi ada aturannya

    1.menyampalah pada tempat yang di ber pr tinggi dan do follow
    2.jangan nyepam di tempat yang adminnya siap siaga :d

    BalasHapus
  23. Terima kasih atas infonya gan :D

    BalasHapus
  24. terima kasih atas informasi guys :) :)) :( :((


    BalasHapus
  25. Jadi ingat masa masa sma gan :P
    tx gan bacaannya keren

    BalasHapus
  26. Informasi yang sangat menarik :)

    BalasHapus
  27. nice post,sanga bermanfaat sekali gan info nya sangat membantu pengetahuan lebih mendalam tentang jenis" sampah yg membahayakan kesehatan.

    BalasHapus
  28. good share, informasi ygn akurat dan bermanfaat gan,senang bisa berkunjung ke artikel ini.salam blogger

    BalasHapus
  29. semua yg disajikan bikin saya salut,situs ini penuh dengan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di update akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi..thx

    BalasHapus
  30. informasi yang aktual, semua informasi yang diberikan bermanfaat sekali untuk kita semua

    BalasHapus
  31. kunjungan balik masbro
    http://asalsharee.blogspot.com/

    BalasHapus
  32. Berharap negara ini bisa bersih dari sampah di tempat dan fasilitas umumnya :)

    BalasHapus
  33. sebagian besar warga indonesia membuang sampah tidak pada tempatnya,, meskipun dia seorang mahsiswa kesehatan,,, keyakinan saya hal ini terbentuk karena kebiasaan sejak kecil dan tak ada teguran bagi pembuang samaph.. walaupun meskipun kendatipun seminar kesehatan sering diadakan, poster-poster tentang buang sampah ditempel di mana-mana akan tetapi tetap saja tidak sadar.... hm sabaR :)
    .... UNTUK ARTIKELNYA i like it,, thank's :)
    Ini membantu saya sebagai bahan diskusi............ :) (y)

    BalasHapus
  34. Bermanfaat sekali nih beritanya,
    makasih banyak ya pa admin telah memberikan berita yang sangat bagus ini.

    BalasHapus
  35. bagus infonya mas.
    kunjungan balik ya.

    http://vvipkalepo.blogspot.com/

    http://whitecreamy.blogspot.com/

    http://vvipkalepo.blogspot.com/2014/11/itucasino-net-agen-judi-togel-dan-casino.html

    http://vvipkalepo.blogspot.com/2014/10/judi-domino-99-online-itudomino.html

    http://vvipkalepo.blogspot.com/2014/11/judi-bola-online-itubola-net.html

    http://vvipkalepo.blogspot.com/2014/11/itupoker-net.html

    BalasHapus
  36. Waah klo gitu setiap sekolah harus membuat jadwal hari khusus praktek kerajinan tangan nih, biar punya ke ahlian untuk mengolah sampah2 menjadi lebih berguna.....

    Sukses buat blognya :)

    BalasHapus
  37. jika sampah dapat di olah dengan baik pasti bermanfaat

    BalasHapus
  38. dampaknya memang luar biasa. tapi semua makanan jaman sekarang memakai kemasan yang sulit didaur ulang


    Berikut tips gar rumah dapat terlihat luas

    http://citralakesawangan.com/solusi-agar-desain-ruang-tamu-terlihat-luas/

    BalasHapus
  39. sampah,, bisa bermanfaat baik dan buruk,, tinggal pintar2nya aja ngolah

    BalasHapus
  40. salam.
    terimakasih pak atas infromasi yang telah bapak terbitkan ini. sangat berguna.

    BalasHapus
  41. info yang sangat menarik succes always

    BalasHapus
  42. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  43. makasih buat penjelasannya sangat bermanfaat sekali sukses slalu

    BalasHapus
  44. info nya sangat bermangfaat sekalih,terimakasih gan

    BalasHapus
  45. nih ini baru namanya artikel, sangat bermanfaat soalnya gan

    BalasHapus
  46. Artikel yang bagus gan :)
    Terima kasih gan infonya :)

    Silakan Kunjungi blog ane ya gan ^_^

    http://trikandroid89.blogspot.com

    http://trikkomputer89.blogspot.com

    http://ceritasexx69.blogspot.com

    http://lilamu.blogspot.com

    http://goo.gl/9KuGuZ
    http://goo.gl/c9U209
    http://goo.gl/Pu2tBk
    http://goo.gl/2VcW1H
    http://goo.gl/ZIKhVS
    http://goo.gl/j7uV3y
    http://goo.gl/Ng4y03

    BalasHapus
  47. makasih gan infonya,sangat bermangfaat

    BalasHapus
  48. Oke gan , terimakasih banyak informasinya ..
    Sangat menginspirasi

    BalasHapus
  49. Sangat menambah wawasan infonya
    Terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  50. Ok, terimakasih banyak informasinya
    Jadi tahu banyak

    BalasHapus
  51. Pembakaran sampah yang aman adalah dengan Insenerator
    kami menjual insenerator tanpa asap
    sehingga aman

    BalasHapus
  52. terima kasih infonya bos, artikel yang menarik

    BalasHapus
  53. Ternyata sampah juga banyak kategorinya ya... makasih infonya gan www.atobasahona.com

    BalasHapus
  54. 3MPOKER Menyediakan Bonus 5.000 setiap hari dengan minimal deposit 50.000 ( seumur hidup )

    FREE LUCKY SPIN SETIAP MINGGUNYA !!!

    Info lebih lanjut kunjungi
    Livechat : WWW. KARTU3M .COM
    Facebook : 3MPoker Agen Terpercaya
    WA : +85569769389
    Line : cs_3mpoker
    BBM : D8A18181
    #AgenJudiOnline #AgenPokerTerpercaya

    BalasHapus
  55. "Gabung bersama kami di KARTU3M.NET - Agent Betting online terpercaya dengan system paling fair player tanpa robot !!
    Agen betting online terpercaya, menang berapapun pasti di bayar !

    Game seru
    Poker Online,
    DominoQQ Online ,
    Ceme Online
    ,
    3MPOKER



    FREECHIP 5.000 SETIAP HARI !!!

    Link alternatif
    www. 3MPOKER .TOP
    www. 3MPOKER .NET
    www. 3MPOKER .COM

    Info lebih lanjut kunjungi
    Livechat : WWW. KARTU3M .COM
    Facebook : 3MPoker Agen Terpercaya
    WA : +85592140862
    Line : cs_3mpoker
    BBM : D8A18181

    BalasHapus
  56. HALO !! EVENT YANG TELAH DI TUNGGU TUNGGU OLEH MEMBER DI 3MPOKER SUDAH DI UMUMKAN !!!

    PROMO SUPER YANG KAMI BERIKAN INI SESUAI DENGAN BANYAKNYA PERMINTAAN DARI PLAYER DI 3MNPOKER UNTUK MENDAPATKAN HADIAH YANG BISA DI BAWA PULANG SEPERTI BULAN KEMARIN !! AYOO !! KEJAR TURNOVER MU SEKARANG DAN DAPATKAN HADIAHNYA UNTUK DI BAWA PULANG !!

    HADIAH YANG BISA ANDA MENANGKAN :

    JUARA 1 >> SAMSUNG GALAXY S9+
    JUARA 2 >> IPHONE X
    JUARA 3 >> LAPTOP ASUS ASUS A442UQ-FA047T / FA048T / FA049T
    JUARA 4 >> KAMERA SLR, CANON EOS M10 KIT 15-45MM ( BLACK )
    JUARA 5 >> XIAOMI REDMI NOTE 6 PRO
    JUARA 6 >> FREECHIP 2.000.000
    JUARA 7 >> FREECHIP 1.500.000
    JUARA 8 - 10 >> FREECHIP 1.000.000
    TURNOVER DI ATAS 50.000.000 >> FREECHIP 35.000

    SYARAT & KETENTUAN BERLAKU :
    > PROMO TERHITUNG DARI TANGGAL 1 JANUARY - 31 JANUARY
    > KEMENANGAN DITENTUKAN DARI TURNOVER TERTINGGI SEJAK PRIODE BERLAKU
    > TURNOVER TERHITUNG UNTUK SELURUH PERMAINAN DI 3MPOKER

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    LIVECHAT : WWW. 3MPOKERS. COM
    WA : +85592140862
    LINE : CS_3MPOKER
    BBM : D8A18181

    Daftarkan Sekarang Juga !!


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    BalasHapus
  57. Bio Ultra 3 Suhu Tabletop RM899 - rm1299 (ada 6 Model Pilihan)
    Bio Ultra 3 Suhu Floor Stand RM1499
    Bio Ultra 2 Suhu Floor Stand RM1299

    ~ Size tangki yang besar (unlimited - auto refill) ☺
    ~ Built in 4 Filter Made in Korea
    ~ Semua filter Kami ada Cert Halal
    ~ Warranty 12 & 18 Bulan
    ~ Hasilkan Air Mineral Alkali
    ~ Sambungan terus kepaip
    ~ Tangki auto refill
    ~ Safety child lock untuk air panas

    Bio Ultra Gold Master Fiber Outdoor dgn 7 Penapisan (RM799)

    ~ Cover dari gentian fiber tahan lasak
    ~ Fungsi manual backwash dan rinse
    ~ Waranti 10 tahun

    Penghantaran & Pemasangan & servis Berkala Seluruh Malaysia disediakan
    Whatsapp / Call 0178895990
    http://bio.wasap.my

    Gambar & Maklumat Lain boleh view Blog kami dibawah
    http://penapis-air-bioultra.blogspot.com

    BalasHapus
  58. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.Terimakasih telah berkunjung di di Blog BILLYSHARE 99

Peraturan dalam berkomentar :
1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel.
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM.
3. Dilarang Membuat onar dan menggunakan kata kasar
4. Kami Harap Jangan Menaruh Link Hidup Maupun Mati Di Kotak Komentar, Terimakasih
5. Jika ingin menggunakan link harap gunakan open ID
6. Dilarang Promosi Iklan dan sebagainya..Harap dimaklumi !!