Minggu, 23 Maret 2014

Hindari Mengkonsumsi Makanan Ini Dalam Keadaan Mentah

Hindari Mengkonsumsi Makanan Ini Dalam Keadaan Mentah Kalo Ngga Mau Keracunan !

Gaya hidup sehat dengan menyantap makanan mentah banyak dilakukan orang. Tetapi ada beberapa makanan yang terlarang untuk dimakan mentah atau segar. Selain rasanya kurang enak, makanan mentah bisa menyebabkan keracunan. Meski sedang kelaparan atau ingin hidup lebih alami, beberapa jenis makanan ini tak dianjurkan untuk dimakan segar atau mentah, apakah itu?? Cekibrootttt!!


1. Lubang Biji, Biji Apel, Mangga, Peach, Pir dan Aprikot




Meski penasaran, jangan pernah Agan coba makan biji dari buah apel, mangga, peach, pir, dan aprikot. Biji-biji ini memang tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Jika biji dan pit (lubang tempat biji) dipecahkan, tekstur dalamnya lembut dan terlihat dapat dimakan. Tapi itupun tidak bisa dikonsumsi, sebab ada zat kimia bernama amygdalin bisa berubah menjadi sianida Untungnya, kalo agan memakan sedikit biji peach, Agan belum sakit.
2. Kentang Hijau


Kentang yang sudah lama disimpan berubah warna menjadi hijau. Itu berarti kentang tersebut tak layak dimakan. Warna hijau itu terjadi karena kentang mendapat terlalu banyak cahaya matahari, sehingga senyawa kimia bernama solanin dapat berubah menjadi racun. Jika tetap dikonsumsi, dampaknya berupa sakit kepala, kelelahan, mual, dan sakit perut. Untuk mencegah hal ini, simpanlah kentang di tempat yang sejuk dan kering.

3. Daging Babi


Jika memasak babi, haruslah melewati tingkat kematangan medium. Hal ini dikarenakan babi masih memiliki potensi untuk membawa berbagai parasit seperti trichinosis , cacing gelang, dan cacing pita yang dapat tumbuh di dalam usus babi sampai sepanjang 183 cm. Bila daging masih belum matang, parasit dalam babi dapat berpindah ke tubuh. Parasit dari babi ini awalnya muncul karena babi boleh memakan sampah, meskipun sekarang telah banyak peternakan modern. Namun tetap saja mengonsumsi daging babi mentah berisiko tinggi. Mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa daging babi itu d haramkan gan.


4. Daging Ayam
 
Ayam mentah dapat mengandung sangat banyak bakteri yang berasal dari tempat proses pemotongannya hingga penempatan di pasar atau swalayan. Mengonsumsi ayam mentah bisa membuat Agan terkena penyakit. Pastikan ayam dimasak setidaknya dengan panas mencapai 165 derajat sebelum dikonsumsi. Sebelum dimasak, ayam tidak perlu dicuci karena bakteri tetap akan mati saat proses pemasakan. Malahan percikan air dari cucian ayam dapat menginfeksi seluruh dapur.


5. Telur


Meski kaya protein, telur mentah bisa mengandung salmonella . Bakteri ini menginfeksi satu dari 30.000 telur. Salmonella biasa ditemukan dalam kuning telur. Jadi berhati-hatilah saat Anda memakan kuning telur yang masih cair.


6. Singkong

Singkong rebus dan singkong goreng emank enak gan, apalgi kalo di makan pagi2 d temani secangkir teh/kopi. Tapi jangan coba2 makan singkong mentah gan. Karena ternyata singkong mengandung sianida atau tepatnya cyanogenic glycosides . Kandungan tinggi racun ini terdapat pada daunnya, yang berfungsi untuk menjaga daun dari gigitan serangga dan binatang. Meski banyak di daun, sianida kadang ada juga di akar umbi ini. Untuk membuat singkong dapat dikonsumsi, singkong harus kering kemudian direndam dalam air, ditiriskan dan terakhir langsung dimasak.


7. Kacang Merah



Bila kacang merah dimakan mentah, selain rasanya sangat langu, dalam beberapa jam setelah konsumsi akan mual, muntah, dan sakit perut. Hal ini karena dalam kacang merah terdapat racun alami bernama lectin . Karenanya, rendam kacang merah dalam air minimal lima jam sebelum dimasak baru kemudian kacang aman dimakan.

8. Umbi Gadung


Banyak orang yang memanfaatkan umbi gadung sebagai obat ataupun cemilan, Namun hati-hati gan, konsumsi yang berlebihan, apalagi jika proses pengolahannya kurang sempurna dapat menyebabkan keracunan. Keracunan gadung berakibat tubuh kejang-kejang dan kepala terasa pening. Kalau itu terjadi, penawar sementaranya adalah kloralhidrat atau kalium bromide.


9. Kepala Ikan Tongkol



Tidak semua ikan bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah. Salah satunya adalah kepala ikan tongkol, Karena bagian kepala merupakan titik pusat darah pada ikan tongkol. Di dalam kepala ikan tongkol sudah terdapat racun. Ikan tongkol juga termasuk ikan yang mudah busuk oleh karena itu mengkonsumsi kepala ikan tongkol dalam keadaan mentah dapat menimbulkan keracunan. Selain gatal-gatal, Agan pun bisa 'Game Over' alias meninggal karena zat racun pada darah kepala ikan tongkol sangat kuat, meskipun Agan sudah mencucinya dengan bersih,

source : detik.com, okezone.com, kaskus

12 komentar:

  1. terimakasih infonya ditunggu info selanjutnya



    http://erissusan8.blogspot.com/2014/02/obat-semua-jenis-kanker.html

    BalasHapus
  2. thanks nih gan, artikelnya sangat membantu sekali. bagus untuk bacaan sehari-hari.

    BalasHapus
  3. terima kasih mas atas sharing info sehatnya...semoga juga bermanfaat bagi rekan-rekan lain yang sempat mampir ke blog ini.

    Salam Kenal,
    Agung

    BalasHapus
  4. Waduh Gan ,ane gak doyan makanan mentah Gan.
    kecuali buah.

    BalasHapus
  5. wah.. ini bermanfaat banget gan.. buat kesehatan... :-d
    bagus gan... (h)

    BalasHapus
  6. Benar sekali infonya, Terima Kasih banyak :) ...

    BalasHapus
  7. Waduh.. dulu saya sering makan singkong mentah... telur mentah juga sering kalo lagi pengen nambah energi.. baru tau bisa berdampak kercaunan, tapi selama ini baik baik aja lho gan..

    BalasHapus
  8. ok mkasih gan infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  9. salam senang bisa berkunjung disini bergabung dengan kawan sema bloging, trimakasih atas semua informasi nya.

    BalasHapus
  10. salam.
    terimakasih pak atas infromasi yang telah bapak terbitkan ini. sangat berguna.

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.Terimakasih telah berkunjung di di Blog BILLYSHARE 99

Peraturan dalam berkomentar :
1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel.
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM.
3. Dilarang Membuat onar dan menggunakan kata kasar
4. Kami Harap Jangan Menaruh Link Hidup Maupun Mati Di Kotak Komentar, Terimakasih
5. Jika ingin menggunakan link harap gunakan open ID
6. Dilarang Promosi Iklan dan sebagainya..Harap dimaklumi !!