Selasa, 24 Desember 2013

Tips menerima kritik dan Saran

Selamat Siang para pembaca, kali ane akan sedikit share mengenai " Tips menerima kritik dan Saran" dan perlu digaris bawahi bahwasanya ane disini bukan untuk "mengajari" ya, soalnya ane juga cuma anak ingusan yang iseng iseng bikin artikel ini, ahaha jadi ngelantur kaya gini? ya udah deh langsung aja pada permasalahanya..


KRITIK & SARAN
Apa sih kritik itu ?.

menurut wikipedia indonesia : Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.

Apa sih Saran itu ?.

Saran adalah sebuah solusi yang ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Saran harus bersifat membangun,mendidik,dan secara objrktif dan sesuai dengan topik yang dibahas.

Pentingkah Kritik dan Saran itu?

Sebagai manusia normal yang sadar akan kodrat Sang Pencipta bahwannya kita diciptakan sebagai makhluk sosial yang wajib bersosialisasi, tentu saja kedua hal tersebut dirasa sangat penting.bahkan pepatah lama pun ada yang berbunyi "orang sukses adalah orang yang menerima kritik dan saran".  

Tentunya agan menginginkan sukses dunia akhirat bukan? jika iya, maka kedua hal tersebut sudah wajib ditanamkan disanubari dan harga mati untuk diterapkan pada kehidupan sehari hari. tapi tidak mudah lho gan menerima kritik dan saran itu. lalu bagaimana caranya? oke, ane coba sajikan dengan bahasa yang menurut ane sudah sederhana. tapi kalau agan ada yang mau menambahkan baik berupa kasus real atau solusi (read: tips menerima saran) bolehlah, entar ane taro disini.

1. Tahan reaksi yang keluar

Jika reaksi yang keluar saat anda mendapat kritik adalah anda ingin menyerang kembali atau marah, maka cobalah untuk tahan. Berhentilah sejenak dan tariklah nafas. Jika perlu carilah udara segar di taman dan bertukar pikiranlah ke orang lain. Tenangkan hati dengan mendengarkan ayat-ayat Al-Quran dan mendengarkan ceramah yang bisa menenangkan hati anda. Apapun reaksi negatif yang anda ingin keluarkan, maka tahanlah dan alihkan.

2. Ubah yang Negatif menjadi Positif

Ubahlah pikiran negatif anda menjadi positif, carilah seribu cara untuk merubah pikiran anda yang negative menjadi positif. Jika anda mendapatkan kritik “Tulisan anda sangat membosankan” maka ubahlah kata tersebut menjadi “Saya perlu meningkatkan variasi dari tulisan saya, jika tulisan saya bagus, maka anda akan mendapatkan promosi dan salary yang lebih baik”.

3. Ucapkan terima kasih kepada yang memberi kritik

Walaupun anda mendapatkan kritik yang menyakitkan hati, cobalah untuk tersenyum dan bertrimakasih. Senyum akan menekan rasa emosi anda dan membuat anda sedikit santai.

4. Ingatlah bahwa anda tidak sempurna

Manusia di lahirkan dengan banyak ketidak sempurnaan, karena itu anda harus berani menerima kekurangan anda dan jadikan kritik sebagai sarana untuk menjadi manusia yang lebih baik.

5. Sesuatu yang anda dapat secara gratis adalah kritik

Pikirkanlah kritik seperti mendapatkan sesuatu yang gratis, saya yakin anda pasti menyukai barang-barang yang diberikan secara gratis. Membiasakan diri untuk menerima kritik adalah tidak mudah, tapi jika anda bisa mengambil kritik ini menjadi sesuatu yang positif, anda akan menjadi manusia yang lebih baik.

Kebanyakan orang cenderung merasa diserang saat mendapatkan kritik dari orang lain, sehingga terkadang memberikan reaksi berupa marah, sedih dan bahkan balik menyerang. Padahal tidak semua kritik bertujuan untuk menampilkan kelemahan kita, tapi lebih cenderung untuk memperbaiki kekurangan, supaya kita jauh lebih baik.


SEMOGA BISA UNTUK MENJADI BAHAN RENUNGAN DAN INTROSPEKSI DIRI KITA SENDIRI UNTUK MENJADI LEBIH BAIK KEDEPANNYA YA GAN. AAAMIIIIN. :CMIIW:


Source : Zenhabits.net


7 komentar:

  1. bagus ini bisa buat kita jadi tambah dewasa, tips nya boleh dicoba bro, tapi butuh pengendalian diri yg ekstra hehe

    visit ya http://diansaurs.blogspot.com/2013/12/jiwa-laki-tantang-nyalimu-dengan-honda.html makasih :)

    BalasHapus
  2. mantap gan :)
    saya butuh kritik dan saran untuk web saya yaitu :
    www.zeromovi3.us | Website Download Movie Bluray

    BalasHapus
  3. ok mkasih gan infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. salam.
    terimakasih pak atas infromasi yang telah bapak terbitkan ini. sangat berguna.

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.Terimakasih telah berkunjung di di Blog BILLYSHARE 99

Peraturan dalam berkomentar :
1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel.
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM.
3. Dilarang Membuat onar dan menggunakan kata kasar
4. Kami Harap Jangan Menaruh Link Hidup Maupun Mati Di Kotak Komentar, Terimakasih
5. Jika ingin menggunakan link harap gunakan open ID
6. Dilarang Promosi Iklan dan sebagainya..Harap dimaklumi !!