Selasa, 05 November 2013

Tokoh-tokoh ini belum ada generasi penerusnya.. Miris


Selamat berkunjung para pembaca di blog ane. Enjoy Bacanya ok 


  • Kuambil buluh sebatang...
  • Kupotong sama panjang...
  • Kuraut dan kuikat dengan benang...
  • Kujadikan layang-layang...
Kemana perginya lagu-lagu yang riang gembira dan menghibur anak-anak ini? Tiba-tiba seperti tergantikan oleh lagu-lagu hits orang dewasa. Begitu anehnya anak-anak menyanyikan lagu-lagu orang dewasa, atau terlalu dibiarkannya anak-anak kita dimanja dengan teknologi seperti gadget, smart phone, internet, dan game online, sehingga mereka menjadi sulit untuk bersosialisasi dan mengembangkan bakatnya.

Pertanyaannya adalah
, Dimana Generasi Penerus Tokoh-tokoh Pencipta Lagu anak tersebut, Berikut adalah nama-nama tokoh pencipta lagu anak, (Semoga Menginspirasi kalian )


1. AT Mahmud

AT Mahmud, yang dikenal sebagai seorang komposer dan pengarang lagu anak-anak, lahir dengan nama Abdullah Totong Mahmud, lahir pada tanggal 3 Februari 1930. Mahmud merupakan anak kelima dari sepuluh bersaudara dari orang tua.

Karirnya di bidang penciptaan lagu anak-anak tidak lepas dari kecintaannya kepada anak-anak. Semuanya dimulai dari aktivitasnya sebagai guru. Di tahun 1963, Mahmud mengajar sebagai Sekolah Guru Taman Kanak-Kanak (SGTK).Bakat AT Mahmud dilirik oleh Sony Wonder, dengan peluncuran album Libur Telah Tiba, Kesuksesan dua platinum yang diperoleh album Tasya ini mengawali dua album lainnya yaitu, Gembira Berkumpul dan Ketupat Lebaran.

Prestasi sang maestro di bidang seni diakui oleh banyak pihak dengan diterimanya berbagai anugerah, seperti Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Pemerintah Indonesia pada 2003, Piagam Hadiah Seni dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 1999, juga Lifetime Achievement yang diterimanya pada Anugerah Musik Indonesia.

2. Ibu Sud

 

Ibu Sud, atau yang bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio ini adalah salah seorang pencipta lagu anak-anak. Karirnya ini sudah dimulai bahkan jauh sebelum kemerdekaan Indonesia.

Karya-karya Ibu Sud seperti 'Tik-tik Bunyi Hujan', 'Desaku' hingga 'Burung Kutilang' seperti tak pernah hilang tertelan zaman. Hal itu lah membuat 1.980 anak-anak dan guru pendamping terpilih membuat drama musikal bertajuk 'Senandung Bakti Anak Negeri'. Ibu Sud juga mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai EMPU Lagu Anak-anak Indonesia karena sudah menciptakan 480 Lagu anak-anak.

3. Pak Kasur

Soerjono atau biasa dipanggil Pak Kasur (Purbalingga, Jawa Tengah, 26 Juli 1912 - 1992) adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia. Ia juga memandu acara Taman Indria di TVRI stasiun pusat Jakarta. Namanya berasal dari julukan "Kak Soer" yang biasa digunakan oleh anak buahnya di Gerakan Kepanduan. Nama ini lama-lama berubah menjadi "Kasur" dan "Pak Kasur". Istrinya Ibu Kasur (Sandiah) juga memandu acara itu.

Ia mulai menjadi guru di HIS Ardjoena School, Bantul, Yogyakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di HIK, Bandung. Setelah Indonesia merdeka ia mengasuh acara anak-anak di RRI, dan menciptakan beberapa lagu seperti Naik Delman, Bangun, Sepedaku, Kebunku, dan lain-lain.

4. Papa T Bob

Erwanda Lucas. Pria yang mengambil nama Papa T Bob (lahir 22 Oktober 1960; umur 52 tahun) dari nama anaknya ini adalah penulis lagu yang bertangan dingin berpena emas di zamannya. Papa T Bob merupakan seorang pencipta lagu berkebangsaan Indonesia. Dia dikenal luas oleh masyarakat melalui lagu anak-anak ciptaannya.

Setelah terkenalnya Joshua, menyusul kemudian, Enno Lerian dengan Si Nyamuk Nakal dan Bondan Prakoso yang populer lewat Si Lumba-lumba.

5. Kak Seto

Seto Mulyadi lahir Klaten, 28 Agustus 1951 atau biasa dikenal sebagai Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro.
Miris karena anak-anak disuguhi lagu dewasa. Kak Seto pun membuat album lagu anak-anak. Lagunya ada yang baru, ada juga lagu lama.

Pencipta lagu Si Komo, Jangan Lupa Sikat Gigi, dan Cuci Tangan Sebelum Makan ini sudah membagikan 33 perwakilan anak yang hadir dalam pertemuan Hari Anak Nasional tahun 2012. Beliau merekrut anak-anak biasa namun juga memiliki talenta bersuara emas, karena menurut beliau Semua anak di Indonesia Mempunyai Bakat yang luar biasa.

Kata Mereka Tentang Pencipta Lagu Anak-Anak :

Addie MS (Komposer Senior) :

Menurut saya, beliau adalah sosok pribadi yang langka. Tidak seperti kebanyakan orang, AT Mahmud selalu memikirkan nilai pendidikan dalam karya-karyanya. Beliau memang pada dasarnya adalah seorang pendidik. Beliau tidak muluk-muluk mencipta lagu. Sangat sederhana. Dan saya hidup dengan lagu-lagunya pak AT,

Erros (Musician) :

"AT Mahmud komposer terbaik di Indonesia spesialis lagu anak-anak. Sampai hari ini belum ada tanda-tanda ada penerusnya," Beliau humble banget. Seperti lagunya. Karakternya sangat bersahabat. Luar dalamnya beliau ya seperti lagu-lagunya. Sangat apa adanya. Dia menuliskan lagunya dengan hati. Sangat kekeluargaan,

-Tujuan dan Kekuatan di Lagu Anak:-

Tujuan Internal:
1. Melatih Otak Kanan dan kiri
2. Mengubah Mood Anak
3. Belajar Bersosialisasi
4. Melatih Anak Berbicara
5. Melatih kemampuan Dengar
6. Melatih Anak dalam Berhitung (untuk lagu berhitung)

Tujuan Ekternal :
1. Daya beli produk dalam negri Meningkat, dengan membeli kaset/DVD musik anak
2. Meningkatkan asset penjualan dalam Negri
3. Menciptakan anak-anak dalam negri yang berbakat dan dapat bersaing dengan internasional.
4. Membuat Prestasi untuk Indonesia.

Mirisnya,

Para pelaku dunia hiburan seperti tidak tertarik untuk menghadirkan hiburan bagi anak-anak, seperti beberapa waktu yang lalu. Mereka lebih tertarik dengan hiburan yang entah benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak, yang penting ratingnya tinggi.
Sudah matikah kreativitas untuk menciptakan hiburan bermutu bagi anak-anak? padahal dulu kita mengenal Tasya , eno lerian, joshua , bondan prakoso , dan banyak lagi. bagaimana dengan sekarang,sebenarnya sekarang banyak penyanyi-penyanyi cilik yang berbakat tapi sangat jarang yang menyanyikan lagu sesuai usiannya. mereka di “paksa” untuk bernyanyi lagu-lagu yang tak sesuai dengan usianya.

Thx for sumber : http://hot.detik..com/music/read/2010/07/06/162408/1394122/228/eross-so7-belum-ada-penerus-at-mahmud
http://id.wikipedia.org
http://www.solopos.com/2012/06/27/kak-seto-buat-buat-album-lagu-anak-197104

Semoga Thread Ane ini Berguna untuk sekalian para pembaca yang tergerak untuk menciptakan lagu Anak, atau bisa menginspirasi mengajarkan lagu-lagu anak kepada Anak-anak kita 

7 komentar:

  1. ok mkasih gan infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. semua orang yang di sebutkn di atas adalah orang orang yang takkakn pernaha da gantinya,,,terimakasih,,

    BalasHapus
  3. salam.
    terimakasih pak atas infromasi yang telah bapak terbitkan ini. sangat berguna.

    BalasHapus
  4. memang susah kalau mencari ganti orang yang ada d atas mah,

    BalasHapus
  5. sungguh betapa besarnya jasa mereka

    BalasHapus
  6. untuk mengganti penggantinya itu sangat sulit

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.Terimakasih telah berkunjung di di Blog BILLYSHARE 99

Peraturan dalam berkomentar :
1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel.
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM.
3. Dilarang Membuat onar dan menggunakan kata kasar
4. Kami Harap Jangan Menaruh Link Hidup Maupun Mati Di Kotak Komentar, Terimakasih
5. Jika ingin menggunakan link harap gunakan open ID
6. Dilarang Promosi Iklan dan sebagainya..Harap dimaklumi !!