Senin, 25 November 2013

Teknologi Nano Merubah CO2 Menjadi Bahan Bakar

Nanoteknologi dapat membantu menangkap karbon dioksida yg dihasilkan selama proses industri dan mengubahnya menjadi bahan bakar seperti metana. Proses ini akan menghasilkan sumber energi, bayangkan kemungkinan jika teknologi ini bisa dilakukan pada kendaraan mobil

Salah satu cara untuk memanfaatkan CO2 yang telah diperangkap adalah dengan mengubahnya menjadi bahan bakar yang mudah terbakar seperti metana ( gas alam yang biasa digunakan untuk memasak ). Yang perlu Anda lakukan untuk membuat konversi ini adalah untuk menggantikan 2 atom oksigen dengan 4 atom hidrogen sehingga menghasilkan CH4 ( metana ) .

Di Universitas Pennsylvania, tim peneliti melakukan metode ini untuk mengubah CO2 yg ditangkap menjadi metana. Mereka menggunakan rangkaian tabung nano tianium oksida dilapisi dengan katalis yang membantu mengubah karbon dioksida dan air menjadi metana menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga.


Inovasi ini dapat memungkinkan kita untuk membuat metana dari karbon dioksida dan menyimpannya di dekat pembangkit listrik lalu menggunakan metana tersebut untuk menghasilkan lebih banyak energi, kemudian mengambil karbon dioksida yang dihasilkan dari proses tersebut sehingga akan menghasilkan lebih banyak metana lagi, proses ini akan berulang demikian seterusnya.

Karena proses pengkonversian ini menggunakan sinar matahari, maka biaya energi tambahan dalam mengubah karbon dioksida kembali ke bahan bakar untuk pembangkit listrik seharusnya tidak terlalu signifikan.

Menurut Craig Grimes, pemimpin kelompok riset Penn State, metode ini dapat digunakan secara lebih luas di masa depan dengan menangkap dan menggunakan kembali CO2 di kendaraan kita sehingga tidak ada yang dilepaskan ke atmosfer.

Sumber

3 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.Terimakasih telah berkunjung di di Blog BILLYSHARE 99

Peraturan dalam berkomentar :
1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel.
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM.
3. Dilarang Membuat onar dan menggunakan kata kasar
4. Kami Harap Jangan Menaruh Link Hidup Maupun Mati Di Kotak Komentar, Terimakasih
5. Jika ingin menggunakan link harap gunakan open ID
6. Dilarang Promosi Iklan dan sebagainya..Harap dimaklumi !!