Senin, 17 Februari 2014

Kepanikan Mengalahkan Akal Sehat dan Tips Untuk Mengatasinya


PANIC ATTACK

Assalamualaikum wr.wb, Izinkan ane share sesuatu yang mungkin bermanfaat ya gan..Siapa tau ini berguna buat agan semua.

Yuk Kita mulai

Pasti agan2 pernah diserang rasa panik, gugup, dan beribu2 rasanya, sampai agan semua ga sadar kalo lagi kehilangan akal sehat.

nih ane kasih contohnya saja :
waktu itu ada temen ane main ke rumah gw, ngobrol2 dsb, lalu tiba-tiba temen gw keburu pamit pulang... sampai lupa bawa hp nya sendiri (ketinggalan).

disitu ane belum sadar kalo hp temen ane ketinggalan, krn sebelumnya abis anterin temen ane sampai depan gang rumah ane. setelah temen ane cabut baru gw masuk rumah dan mendapati sebuah hp yg gak biasa di rumah ane. Gw sadar  HP temen ane ketinggalan.

Langsung ga pikir panjang gw sms in dia kalo hp nya ketinggalan, (abis lagi males jalan keluar rumah) "Bro... hp lu ketinggalan di rumah gw..." sampai berkali2 ga ada jawaban.
 
Gw sms lagi dgn isi yg berbeda "bales oy..? HP lu ketinggalan nih..."
Sampe disini gw msh belum sadar kalo hp itu bunyi berkali2 setelah gw sms (Gokil n Konyol yah...?) gw ngira itu orang lain yang nge sms, ini malah bikin gw makin bingung mau di baca/didiemin. dan akhirnya gw diemin aja.

karna gak dibales2 Langsung saat itu juga ambil langkah utk ambil hp itu dan langsung susulin dia, sambil di perjalanan ane buka sms tadi dari siapa. eh ternyata oh ternyata sms itu dari gw hahaha disitu Gue baru sadar dan guling2 ketawa sendiri kok bisa gitu...tiba-tiba ketemu Temen ane yang ga jauh jauh amat di depan gw langsung aja gw lari dan kasihin HP nya. saat perjalanan pulang ane gak bisa habis pikir kok bisa sampe lupa gitu :V

Nah disinilah kepanikan yang mengalahkan akal sehat seseorang. Mari kita bahas lebih lanjut apa kepanikan itu.

DEFINISI KEPANIKAN

Kepanikan adalah suatu kondisi kecemasan yang sangat berat yang disertai dorongan untuk lari atau bersembunyi sewaktu menghadapi suatu kondisi yang dirasakan berbahaya atau mengancam. Rasa takut yang muncul tiba-tiba ini dapat menghilangkan kemampuan berpikir dan memengaruhi kelompok atau individu manusia atau hewan yang awalnya cenderung untuk menyebabkan sikap diam tak bisa berbuat apa-apa. Panik umumnya timbul pada kondisi bencana, atau kekerasan seperti perampokan dan penjarahan yang dapat membahayakan kesehatan atau jiwa. Kata ini berasal dari nama dewa mitologi Yunani Pan yang memiliki kemampuan menimbulkan ketakutan untuk sendiri atau berada di daerah terbuka.

Panik sebenarnya adalah kondisi alami pada setiap orang. Panik dalam kadar ringan yang datang hanya sesekali, adalah hal biasa. Tapi, jika cemas atau panik datang berulang dalam kadar tinggi, sehingga aktivitas kerja Anda terganggu, sebaiknya Anda waspada. Pasalnya, ada kemungkinan, panik Anda sudah menjadi gangguan klinis. Tiga dari empat penderita gangguan panik adalah wanita. Wanita karier seringkali mengalami panik. Gangguan panik yang parah bisa berujung pada agoraphobia (fobia berada di tengah banyak orang). Penderita agoraphobia sering takut tanpa alasan jelas, bila dirinya berada di tempat terbuka atau harus keluar dari rumah.
PENYEBAB KEPANIKAN

Seseorang mengalami kepanikan karena dirinya mempersepsikan sesuatu secara berlebihan. Persepsi berlebihan itu bisa muncul akibat trauma kegagalan di masa lalu.

Kepribadian seseorang juga turut menentukan muncul atau tidaknya rasa panik. Mereka yang senang berimajinasi berlebihan, berkepribadian perfeksionis atau berpendirian kaku, biasanya lebih rentan terserang panik. Demikian pula mereka yang selalu ingin memegang kontrol terhadap segala sesuatu.

Selain itu, faktor-faktor fisik seperti genetis dan kesehatan fisik ikut berperan. Mereka yang punya riwayat depresi atau panic disorder dalam keluarga memiliki kemungkinan lebih besar mengalami serangan panik. Pada mereka ini, serangan panik bisa muncul tiba-tiba, sekalipun ketika kondisi fisik baru sedikit menurun.

TIPS MENGHADAPI SERANGAN KEPANIKAN ‘PANIC ATTACKS’
Jika Anda menderita gangguan kecemasan, serangan panik mungkin merupakan bagian dari kehidupan Anda. Dan ternyata banyak pasien yang menderita penyakit serangan panik. Meskipun memprediksi kapan serangan panik akan terjadi sedikit rumit, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan serangan-serangan panik ini dalam rangka untuk mengambil kembali kendali hidup Anda.

RILEKS
Cobalah untuk rileks terlebih dahulu, jangan berpikir untuk bertindak tapi tenangkanlah pikiran dulu. karena kalau Anda berfikir utk bertindak, sebenarnya bukan berfikir dengan akal sehat. Disini otak motorik yang lebih dahulu jalan.

KENDALIKAN PERNAFASAN
Lalu langkah berikutnya untuk mengambil kembali kendali tersebut adalah belajar untuk bernapas. Ketika seseorang memiliki serangan panik, sering mereka merasa begitu kewalahan bahwa mereka lupa untuk sekadar bernapas dengan benar.

Bahkan, jika Anda pernah mengalami serangan panik di depan umum, seseorang mungkin akan mencoba untuk membuat Anda bernapas ke dalam kantong kertas. Hal ini mungkin atau mungkin menjadi metode yang bagus untuk Anda, tetapi kenyataannya adalah bahwa Anda harus tahu dan praktek latihan pernapasan Anda sebelum Anda panik. Memiliki rencana-belajar teknik bernapas menenangkan dan prakteknya setidaknya bisa anda lakukan dua kali sehari.

MEDITASI

Praktek lain juga mungkin dapat membantu serangan panik Anda. Tentu saja, Anda mungkin merasa sulit untuk mempertimbangkan meditasi ketika Anda mengalami serangan panik, tapi dengan mempelajari prosedur ini, anda bisa bersantai. Anda dapat menggunakan beberapa teknik yang sama menenangkan yang membantu Anda untuk bermeditasi untuk membantu Anda menenangkan diri.

AKAL SEHAT SUDAH KEMBALI

Jika Anda sudah merasa relax dan bisa mengendalikan pernafasan, Secara otomatis Akal sehat sdh kembali. Anda dapat mengendalikan fikiran dan tingkah laku Anda. Bertindaklah dengan segera dengan pemikiran akal sehat Anda...


MAKANAN YANG BERPENGARUH UNTUK GANGGUAN KEPANIKAN

Jika Anda sering mengalami gejala kepanikan, ini berarti suatu gangguan. Berikut adalah makanan yang bisa berpengaruh untuk meredakan gejala kepanikan :

1. Yogurt
Kandungan probiotik pada yogurt mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, yogurt kaya akan kalsium dan kalium yang bisa memperbaiki suasana hati. Jadi, konsumsi yogurt setiap hari agar Anda semakin gembira dan mengurangi rasa panik yang menyerang.

2. Gandum
Karbohidrat sehat pada gandum akan meningkatkan kadar serotonin, hormon yang bisa menghindarkan Anda dari rasa panik, cemas, dan depresi. Gandum juga mampu membuat tubuh memproduksi folat lebih banyak yang bisa meningkatkan perasaan senang setiap saat.

3. Telur

Jangan remehkan sumber protein yang satu ini, sebab kandungan lain pada telur seperti vitamin D dan vitamin B12 akan membantu menyeimbangkan suasana hati.

4. Teh hijau
Ganti minuman tidak sehat harian Anda dengan teh hijau. Selain mengandung kafein yang aman dan mampu memperbaiki suasana hati, teh hijau juga merupakan 'teman baik' dari program diet.

5. Salmon
Salmon kaya akan omega 3 yang baik bagi hati dan otak. Bukan hanya itu, kandungan vitamin B12 pada salmon ampuh mengurangi rasa panik yang Anda alami dan meningkatkan suasana hati yang lebih baik.

6. Alpukat
Makanan terakhir untuk meredakan panik adalah alpukat yang mengandung vitamin E, sebab nutrisi tersebut menjaga Anda untuk selalu merasa lebih tenang dan tenteram.

7. Bayam

Jumlah mikronutrisi dalam sayuran hijau sangatlah tinggi, termasuk vitamin A, vitamin K dan folat, serta mangan dan zat besi. Salah satu vitamin yang tinggi jumlahnya di bayam adalah vitamin C, yang mampu mengurangi stres yang kerap mengganggu.

Ketika Anda mengalami stres, kelenjar adrenal, dimana hormon stres tersimpan akan mengalami kehilangan vitamin C dengan cepat. Nah, mengonsumsi bayam bisa menggantikan vitamin yang hilang tersebut. Jadi, saat Anda stres, cobalah untuk makan bayam yang terbukti menyediakan lebih banyak nutrisi. Jika Anda kurang menyukainya, Anda bisa menyulap bayam segar dengan sedikit kreatifitas menjadi makanan yang mantab.

8. Brokoli
Ketika Anda stres, tubuh akan mengalirkan hormon yang dapat memengaruhi mood Anda. Sayuran hijau bisa memproduksi serotonin, hormon yang dapat mengendalikan, menenangkan dan menyeimbangkan perasaan dan pikiran Anda.

Selain jeruk, vitamin C juga bisa ditemukan di brokoli. Tak hanya itu, vitamin A juga banyak terkandung dalam sayuran hijaunya yang bertanggung jawab untuk mengatur stres sehari-hari.

Ketika mood Anda kacau, brokoli siap memperbaikinya. Sayuran super ini akan membantu menggantikan nutrisi yang hilang. Anda bisa juga menyantapnya dengan tambahan saus atau menggorengnya dengan tepung.

9. Asparagus
Antioksidan dan vitamin menjadi faktor penting untuk mengusir stres dan panik. Dan asparagus termasuk sayuran yang tinggi antioksidan. Asparagus juga mengandung tritofan, asam amino yang penting yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin.

Tritofan dalam asparagus dapat membantu kita mendapatkan tidur berkualitas dan menjaga mood.

10. Seledri
Kemampuan seledri untuk menurunkan tekanan darah telah terbukti sejak lama. Nah, Anda juga mesti tahu kegunaan seledri lainnya, yaitu membuat Anda merasa tenang.

Seledri mengandung phthalides, senyawa yang dapat membuat otot-otot arteri menjadi lebih rileks. Senyawa ini mengatur aliran darah yang memungkinkan pembuluh darah membesar, sehingga mengurangi tekanan darah. Gejala seperti ini sering sekali terjadi saat seseorang mengalami stres.

Segera nikmati makanan-makanan bernutrisi tersebut di atas untuk mengurangi perasaan panik yang Anda alami.


materi referensi : id.wikipedia.org,merdeka.com,tipshidup.blogspot.com,nanggung.blogspot.com,kaskus.co.id
         
TS sudah menyusun susah payah artikel ini, Mohon Hargai Artikel ini
dengan komentar yang bemutu dan share-nya, Terimakasih Perhatiannya mohon maaf bila ada kekurangan dan salah kata wasallamualaikum wr.wb


21 komentar:

  1. terimakasih banyak, postingannya sangat menginspirasi sekali, saya akan berkunjung lagi lain hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek untuk menghilangkan kepanikan www.terapikecemasan.com

      Hapus
  2. kunjungan malam nich, gan.. nyambangin postingan agan yang bermanfaat banget ini. hhehe

    BalasHapus
  3. nice post, gan.. sangat bermanfaat sekali untuk dibaca. blognya juga bagus.

    BalasHapus
  4. waw sebuah tulisan yang sangat berkelas. Patt di baca . .

    BalasHapus
  5. thx infonya gan . semoga bermanfaat bagi pembaca lainya

    BalasHapus
  6. selamat sore, makasih, om. artikelnya sangat meng-inspirasi sekali, bagus banget situsnya.

    BalasHapus
  7. keren gan, artikelnya mantep banget buat dibaca, lain kali saya datang lagi berkunjung deh

    BalasHapus
  8. salam kenal sob ijin bacaartikelnya. makasih buat admin smg sukses selalu

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. wah ilmu baru nih, terimakasih infonya gan, salam kenal :)

    BalasHapus
  11. segitunya ternyata kalo panik.
    okeh, terima kasih infonya dan salam kenal :)

    BalasHapus
  12. info bagus gan, bisa memotivasi para pembacanya, thanks ya

    http://superrefreshing.blogspot.com

    BalasHapus
  13. ok mkasih gan infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  14. salam.
    terimakasih pak atas infromasi yang telah bapak terbitkan ini. sangat berguna.

    BalasHapus
  15. memang kalau kita lagi panik pasti tidak akan dapat berpikir dengan baik.

    BalasHapus
  16. Terimakasih tips nya gan,sangat bermanfaat sekalih

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.Terimakasih telah berkunjung di di Blog BILLYSHARE 99

Peraturan dalam berkomentar :
1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel.
2. Berkomentarlah dengan bijak dan mohon untuk tidak melakukan SPAM.
3. Dilarang Membuat onar dan menggunakan kata kasar
4. Kami Harap Jangan Menaruh Link Hidup Maupun Mati Di Kotak Komentar, Terimakasih
5. Jika ingin menggunakan link harap gunakan open ID
6. Dilarang Promosi Iklan dan sebagainya..Harap dimaklumi !!